Kamis, 05 November 2015

Jurusan Teknik Elektro

Teknik elektro atau biasa disebut teknik listrik adalah salah satu bidang ilmu teknik mengenai aplikasi listrik untuk memenuhi kebutuhan dari kehidupan manusia. teknik elektro melibatkan konsep, perencanaan, pengembangan, dan produksi perangkat listrik dan elektronik yang dibutuhkan oleh masyarakat. Orang yang sudah ahli dibidang teknik bisanya disebut Enginer. Enginer elektro memegang peranan penting dalam mengembangkan dan memajukan teknologi tinggi dalam dunia telekomunikasi, energi dan
aplikasi lainnya dari perangkat listrik dan elektronik. Enginer elektro juga bekerjasama dengan enginer dari bidang lain, seperti kimia, mesin, dan sipil untuk merancang, mengembangkan dan membantu berbagai macam produk dan jasa seperi sistem distribusi energi, komputer, sistem satelit, radio, sistem radar, mobil listrik, dan masih banyak lainnya yang melibatkan komponen listrik dan elektronik.

Teknik Elektro
Teknik elektro adalah ilmu teknik atau rekayasa yang mempelajari sifat-sifat elektron atau sifat-sifat kelistrikan yang kemudian diaplikasikan pada kehidupan sehari-hari. Berasal dari bahasa Inggris electrical engineering, yang bisa diartikan dengan teknik listrik.

Teknik Elektro UMM memiliki Visi, Misi, dan Tujuan Pendidikan sebagi berikut :
VISI :
Menjadi  Program Studi Teknik Elektro yang terkemuka dan islami yang didukung dengan tata kelola yang baik, sumber daya manusia yang profesional dan amanah.
MISI :
1.       Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran yang mampu menghasilkan  lulusan yang berinovasi dan memiliki keunggulan kompetitif.
2.       Menyelenggarakan kegiatan penelitian yang memberikan kontribusi bagi pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam bidang Teknik Elektro.
3.       Menyelenggarakan kegiatan pengabdian masyarakat dalam bidang Teknik Elektro.
4.       Menyelenggarakan kegiatan akademik dan non akademik yang mendukung terwujudnya lulusan sarjana Teknik Elektro yang beretika dan bermoral berdasarkan nilai-nilai islam.TUJUAN PENDIDIKAN :
5.       Menghasilkan lulusan yang mampu berinovasi dalam karya produknya dan memiliki keunggulan kompetitif di bidang Teknik Elektro.
6.       Menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan penelitian dan pengabdian, sehingga dapat ikut serta memberikan kontribusi bagi pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam bidang Teknik Elektro.
7.       Menghasilkan lulusan yang beretika dan bermoral berdasarkan nilai-nilai islami.
8.       Menghasilkan kerjasama dengan berbagai institusi yang bertaraf nasional dan internasional.

Keunggulan:

Lulusan Teknik Elektro memiliki kompetensi dasar dan terapan di bidang ketenagaan listrik, komunikasi, informatika, dan instrumentasi.
Prospek Karir:

Lulusan dari program studi ini sangat dibutukan oleh instansi pemerintah
(Departemen PU, Bappeda, Bappenas, Kominfo), industri, terutama di
PLN, industri kelistrikan, industri komputer dan informatika,
telekomunikasi, elektronika, dan industri-industri yang menggunakan
sistem instrumentasi kendali.

copyright :http://madano99.blogspot.co.id/2015/10/jurusan-teknik-elektro.html#more

Tidak ada komentar:

Posting Komentar